Pilih IPA atau IPS ya?

>> Minggu, 05 Oktober 2008

Life is about a choices. Artinya sekali buat keputusan, kita harus komit sama pilihan tsb. Buat anak kelas sepuluh, pastinya lagi pada bingung nentuin jurusan, IPA atau IPS. Nggak mau kan salah jurusan?

Nah, di edisi ini team Pubers bakal kasii kamu gambaran about all the things that you have to pay attention sebelum kamu pilih jurusan and also kelebihan-kelebihan masing-masing jurusan. Well, check this out!

*Know Your Self

Setiap orang punya kemampuan dan jalan hidup yang beda-beda. Masing-masing Pubz punya potensi seperti bakat alami, potensi otak, atau potensi fisik Tapi kadang kita ga sadar kalo we have something to be proud of. Biasanya anak kelas sepuluh diwajibkan ikut psikotes di sekolah. Salah satu tujuannya yaitu untuk mengetahui dimana bakat dan minat kamu.Semakin Pubz tau potensi diri masing-masing, Pubz bakalan lebih gampang ngeraih cita-cita. Mempelajari sesuatu yang kita minati akan buat kita semangat dalam ngejalaninnya. Remember, kamu bakal ada di jurusan itu selama dua tahun. Contohnya, kalo kamu ga suka ngitung, jangan coba-coba masuk jurusan IPA yang ngeharusin kamu buat blajar fisika yang penuh dengan rumus.

Kalo kamuorangnya lebih:

1. Pede. maksudnya disini kamu itu orangnya nggak malu buat tampil di depan banyak orang.

2. Banyak ngomong. Maksudnya disini bukan cerewet lho. tpi kalo kamu ditanya sama orang kamu langsung bisa ngejawab dengan lancar.

3. Mudah bergaul. Kamu bisa langsung deket sama siapa ja, tanpa pilih-pilih dia itu cowok atawa cewek, pinter atawa nggak pinter, kaya atawa nggak kaya.

4. Punya rasa sosial yang tinggi.

5. Daya ingatnya tinggi. Maksudnya kalo ngehafal atawa mengingat sesuatu kamu jagonya.

Berarti kamu cocok masuk jurusan IPS

Tapi kalo kamu:

1. Pemikir. Maksudnya disini kalo kamu dihadapin dalam satu masalah kamu bakalan cari dulu pokok permasalahannya dan baru deh kamu buat kesimpulan untuk mecahin masalah itu.

2. Suka sama tantangan. Maksudnya kamu suka mencoba hal-hal yang baru, yang bisa bikin pengetahuan kamu lebih luas lagi.

3. Serius. Kamu orangnya nggak terlalu suka becanda, kalo bisa semua hal yang kamu lakukan itu harus serius.

4. Nggak mudah percaya. Maksudnya kamu itu nggak hanya berpegang sama satu contoh atawa pendapat ja, tapi kamu bakal banyak ngumpulin berbagai macam resensi buat dijadiin pedoman dalam melakukan hal.

bererti kamu lebih cocok buat pilih jurusan IPA

Berikut nee.. beberapa tips buat pubz semua yang masih bingung milih kelas IPA tau IPS

1. Konsultasi sama guru BK di sekolah masing-masing..(jangan sekolah orang lain y..hehehe..red). Biasanya guru BK bakalan menentukan apakah kamu layak buat masuk kelas IPA atau IPS dari minat dan keperibadian kamu.

2. Sesuaikan dengan kamapuan pubz semua dalam bidang pelajaran. Kalo kalian lebih jago dalam hitung-menghitung kalian pilih kelas IPA, tapi kalo pubz semua jago dalam menghafal, itu berrti pubz cocok masuk kelas IPS.

3. Bicarakan sama orang tua kalian. Karena ada orang tua yang memaksakan anaknya untuk memilih jurusan sesuai keinginan mereka. Jelasin dengan baik kalo sebenarnya kamu yang bakalan ngejalaninnya, bukan orang tua kamu.

4. Sesuaikan dengan pilihan jurusan apa yang bakal kamu ambil di Universitas nanti.(sesuai dengan jurusan IPA atau IPA.red).

5. Ikuti kata hati pubz semua, jangan sampe kalian ikut-ikutan temen buat pilih jurusan. Buang jauh-jauh deh rasa malu & presepsi buruk tentang salah satu jurusan.

Jadi, jangan salah dalam melangkah. Karena satu kali ja pubz semua salah dalam memilih jurusan. Bukan hanya nyesel, tapi juga bakalan brabe di kemudian hari

*Parent’s Opinion

Orang tua selalu berharap yang terbaik buat anaknya. Dan wajar kalo mereka menyarankan Pubz buat masuk jurusan yang ia nilai baik. Banyak lho Pubz yang kejebak di situasi ini. Misalkan kamu salah satunya, jangan langsung patah semangat dan kesel sama ortu kamu. Tugas kamulah buat ngenalin jurusan pilihan kamu itu. For example, ortu kamu yang seorang pengacara sukses pengennya kamu masuk IPS supaya bisa ngikutin jejaknya. Padahal kamu sama sekali ga tertarik dan bercita-cita jadi arsitek yang ngeharusin kamu masuk IPA.

Coba deh ajak mereka diskusi tentang itu. Kasih mereka gambaran tentang apa aja yang bisa kamu dapat dari jurusan itu. Pubz mesti jelasin prospek ke depan kalo kamu pilih jurusan itu. Dan kamu harus ngeyakinin mereka kalo kamu bakalan lebih sukses di jurusan itu. Yakin deh ortu kamu bakal ngerti kok setelah liat tekad kamu itu.

*BFF Factor

Karena Pubz udah ngerasa jadi BFF a.k.a Best Friend Forever sama temen-temen, kamu jadi pilih jurusan yang sama dengan mereka. Misalnya, temen gank kamu semuanya pilih jurusan IPS, terus kamu jadi ikut-ikutan karena ga mau pisah dari mereka. Padahal cita-cita kamu dari dulu pengen jadi dokter. Sayang banget kan?

It’s a big NO! Jangan sampe kamu pilih jurusan karena teman. Karena yang ngejalanin semuanya kamu sendiri. Temen ga selamanya bisa ada di samping kamu. Walau beda jurusan, Pubz tetep bisa kumpul kok dengan mereka. Sebagai bestfriends, teman-teman kamu pasti ga bakal ninggalin kamu Cuma karena kamu beda jurusan sama mereka. (Raa,Ncik )

0 komentar: